CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 24 Maret 2010

Kau Berhak Menutup Aibmu, Ukhti

      

                Setiap orang ibarat bulan
                Memiliki sisi kelam
                Yang tak pernah ingin ia tunjukkan pada siapapun
                Pun sungguh cukup bagi kita
                Memandang sejuknya bulan
                Pada sisi yang menghadap ke bumi.
                                   (Salim A Fillah, Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim)
               
Menapaki jalan hidup yang berliku memang tak mudah.  Di luar sana terlalu banyak godaan yang bisa mengaburkan pandang, membawa sedikit peristiwa khilaf di dalam hidup. Menyisakan aib yang teramat sulit dihapus.
Di organisasi yang sedang saya urusi sekarang, saya mengenal seorang teman yang sangat baik, santun seperti tanpa cela.  Tapi entah mungkin saya yang terlalu memperhatikan orang atau apa, saya selalu menangkap raut getir setiap kali kami berbicara tentang keluarga juga cita-cita membahagiakan mereka.
 Satu hari, karena saya merasa kasihan dengan wajah getirnya akhirnya saya memberanikan diri untuk bertanya tentang masalah yang dihadapi. Ternyata jawabannya memang sedikit membuat getir.
Dia menuturkan
“enam tahun lalu saya dikirim ke pesantren. Tentu ukhti tahu, harapan setiap orang tua yang mengirimkan anaknya ke pesantren sudah pasti agar anaknya menjadi wanita salihah. Tapi entah saya sendiri tidak tahu kenapa ini bisa terjadi. Seiring berjalannya waktu, kondisi mental saya agak terganggu. Saya menjadi seorang kleptomania. Sekarang saya memang sudah sembuh tapi…………” dia menghela nafas lantas melanjutkan ceritanya.
“Orang tua saya memang belum tahu soal ini. ukhti, haruskah saya jujur menceritakan aib ini ke orang tua saya? Dan membuat mereka kecewa? Terlebih lagi kalau tetangga saya tahu, saya takut orang tua saya malu. Saya takut ukh, saya hanya ingin membuatnya bangga….
Mendengar cerita teman saya, saya jadi teringat sebait kata indah dalam buku Salim A Fillah, Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim        :



Setiap orang ibarat bulan
                Memiliki sisi kelam
                Yang tak pernah ingin ia tunjukkan pada siapapun
                Pun sungguh cukup bagi kita
                Memandang sejuknya bulan
                Pada sisi yang menghadap ke bumi.
                                         (Salim A Fillah, Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim)

Memang tak ada salahnya menyembunyikan aib dihadapan makhlukNya. Jika ada yang merasa tak jujur karena melakukan hal ini, perlu direnungkan lagi apa arti kebohongan.
Kebohongan adalah menyampaikan berita yang tidak benar sedangkan menyembunyikan aib *selama tidak ada yang menanyakan* tidak menyampaikan apa yang memang seharusnya tak disampaikan
Bukankah Rasulullah pernah bersabda   :
”Setiap umatku mendapat pemaafan kecuali orang yang menceritakan (aibnya sendiri). Sesungguhnya diantara perbuatan menceritakan aib sendiri adalah seorang yang melakukan suatu perbuatan (dosa) di malam hari dan sudah ditutupi oleh Allah swt kemudian dipagi harinya dia sendiri membuka apa yang ditutupi Allah itu.” (HR. Bukhori dan Muslim).[1]
Dalam fatawa Al Azhar juga disebutkan bahwa Umar bin Khottob ra pernah melarang seorang laki-laki yang ingin menjelaskan aib putrinya tentang apa yang menimpa dirinya tatkala orang itu ingin menikahkannya. Hal itu merupakan kejanggalan yang tidak ada penipuan didalamnya.
Dan seandainya lelaki yang meminangnya itu bertanya kepadanya tentang masa lalu dan aib-aibnya maka diharuskan baginya untuk memberitahukannya karena bisa jadi apabila lelaki itu mengetahui kejujuran dan kesungguhannya dalam bertaubat ia akan bersimpati atas keterusterangannya sehingga menikahinya.[2]
Sungguh, adalah hak kita untuk menutupi aib diri setelah bertaubat . Karena hakikat dari taubatan nasuha yang sesungguhnya adalah melupakan dosanya dan tidak menyebut-nyebutnya lagi seperti pendapat Al Junaid yang dikutib Al Qurthubi  dalam al Jami’ Li Ahkamil Qur’an

“Taubat nashuha adalah orang itu melupakan dosanya dan tidak menyebutkannya lagi selama-lamanya karena siapa yang benar taubatnya maka ia menjadi orang yang mencintai Allah swt dan siapa yang mencintai Allah swt maka ia akan melupakan sesuatu selain Allah swt.”[3]
               
                Wallahu a’lamu bisshawab
                               
                Rujukan
1.       Shahih muslim
2.       Fatawa al Azhar juz XX hal 43
3.       al Jami’ Li Ahkamil Qur’an juz XVIII hal 422

0 komentar: