CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 01 Juni 2010

sedikit kata tentang ukhuwah


menatap takjub berapa sosok demi sosok ombak tak takut hancur dipecah karang. itu sebab meraka insyaf diri sebagai bagian tak terpisahkan dari samudra akbar yang terus bergelora. begitulah kita dalam dekapan ukhuwah. diberikan peran sejarah oleh jamaah untuk bergerak  memberi pemandangan indah pada dunia. Tetapi kita semua hakikatnya satu ummat. sebentuk lautan. dengan keagungan tak bertepi
                                                                                        (Salim A Fillah)

Dalam dekapan ukhuwah, memberi pemandangan indah pada dunia. Dua kata yang perlu digaris bawahi saat kita melihat  kondisi kader dakwah saat ini yang mungkin tak disadari sudah sedikit tercerai hanya karena sedikit perbedaan pendapat dalam hal fiqih dakwah. Tak perlu saling tunjuk. tak perlu, sebab effeknya hanya akan mendatangkan pertentangan lagi. Yang perlu diingat, kita semua berada dalam satu ikatan yang indah, ukhuwah islamiyah. Sumber hukum kita sama, AlQuran dan Al Hadits. Semua sama. Tak ada islam radikal, moderat, fundamental, dan bla bla bla nya. Semua sama... jangan sampai terpengaruh barat yang membagi-bagi kita dengan istilah-istilah itu hingga secara tak sadar  dengan sukarela pola pikir dan tindakan kita mengikuti pengaruh barat itu, dan ujung-ujungnya adalah saling meyalahkan saudara kita sesama muslim.
Pun jika memang ada sikap yang salah, ingatkan dengan bahasa yang makruf, dengan diskusi-diskusi yang jernih.  Bukan sindiran-sindiran, ungkapan-ungkapan pedas, tulisan-tulisan media dengan judul'Membongkar borok golongan A' misalnya...sebab, cara-cara itu bukan malah menyadarkan melainkan malah melahirkan 'Amr bin Hisyam alias abu jahal zaman milenium . yang terkenal dengan gengsi nya untuk mengakui kebenaran.
Ingat, bahwa tujuan utama dakwah kita, memberi pemandangan indah pada dunia dengan tegaknya kalimat Allah. Mungkin memang sudah sunnatullah, Dia yang mengatur ada beberapa golongan yang mempersiapkan tegaknya syariat dari luar. Juga ada beberapa golongan yang mendukungnya  dengan memperbaiki dari dalam, memperbaiki akhlak para generasi muda. Memilih bergabung di bagian mana itu terserah anda yang penting luruskan niat dulu.
Jikalau suatu saat ada gesekan, selesaikan dengan kepala dingin dan kembalikan semua pada Al Qur'an dan Al Hadits. :D            
                                                                                                             SALAM UKHUWAH

0 komentar: